Komjen Ito Sumardi : Saya Tidak Berwenang Menentukan Penangkapan Susno

WAWANCARA EKSKLUSIF

 

Komjen Ito : Polri Tetap Tegar, Tanya Susno Apa Maksudnya

Kadiv Propam Budi Gunawan : Kasus Gayus Cobaan Berat Bagi Polri

 

Jakarta 7/5/2010 (KATAKAMI) Terkuaknya kasus pengemplangan pajak yang melibatkan Gayus Tambunan yang merupakan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, mau tak mau membuat Mabes Polri bekerja keras untuk mengungkap kasus ini (sekaligus menanganinya).

Baik dari segi pelanggaran kode etik profesi.

Tetapi juga dari indikasi pelanggaran unsur pidananya.

Tampaknya kasus ini juga melibatkan Mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji. Akan tetapi pada perkembangan, Susno terindikasi sangat amat “kuatir” jika statusnya dinaikkan menjadi tersangka dan ditahan.

Untuk menanyakan perkembangan penanganan kasus ini. Pemimpin Redaksi KATAKAMI.COM Mega Simarmata melakukan WAWANCARA EKSKLUSIF dengan Kepala Badan Reserse & Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen. Polisi Ito Sumardi di ruang kerjanya di Bareskrim Polri pada Jumat (7/5/2010) siang.

Inilah hasil WAWANCARA EKSKLUSIF kami dengan Kabareskrim Komjen. Polisi Ito Sumardi :

Foto : Komjen Susno Duadji (Kiri) & Komjen Ito Sumardi (Kanan)

KATAKAMI (K) : Bagaimana sebenarnya perkembangan penanganan kasus Gayus Tambunan yang ditangani Bareskrim Polri ?

ITO SUMARDI (IS) : Kan ada yang ditangani Tim Independen karena melibatkan juga penyidik-penyidik dari Bareskrim Polri. Kan  tidak mungkin ditangani Bareskrim sendiri. Tapi ada juga yang ditangani oleh Direktur 3 Bareskrim Brigjen Yovi Nahar dari sisi korupsinya. Kemudian langkah-langkah lain ya … tentunya yang dilakukan Tim Independen sekarang ini adalah mencari kebenaran dari pernyataan-pernyataan Pak Susno Duadji. Tapi sampai saat ini belum bisa dicapai selama Pak Susno belum bisa memberikan keterangan yaitu klarifikasi dari pernyataannya selama ini kepada publik.

(K) Maksudnya, karena kasus ini diungkapkan pertama kali kepada publik oleh Pak Susno maka Pak Susno pun harus mau memberikan keterangan untuk kepentingan penyidikan. Begitu Pak ?

(IS) Ya betul.  Coba saja lihat … semua sudah diperiksa. Bahkan Sjahrir Johan sudah ditahan. Tentunya kan kami harus melakukan klarifikasi. Masuk akal gak … kalau Sjahrir Johan sudah ditahan tetapi Pak Susno belum bisa juga memberikan keterangan.

(K) : Pak Kaba, kemarin tim pengacara dari Pak Susno Duadji ngotot sekali ingin mengemui Kabareskrim untuk meminta kepastian atau semacam jaminan. Jaminan atas apa yang diminta Pak Susno ?

(IS) : Pak Susno meminta agar tidak dijadikan tersangka dan meminta juga agar tidak ditahan. Lho, saya kan tidak mungkin memberikan kepastian tentang hal tersebut. Kepastian itu kan datang dari penyidik sebab penyidik yang akan menentukan apakah seseorang yang terperiksa itu akan menjadi tersangka dan saksi.. Penyidik juga yang berwenang menentukan apakah seseorang itu harus ditahan atau tidak. Jadi bukan wewenang saya sebagai Kabareskrim.

Foto : Kabareskrim Komjen Ito Sumardi

(K) : Ada apa sebenarnya Pak Kaba, kok sepertinya Pak Susno Duadji ketakutan sekali. Atau jangan dibilang ketakutanlah. Seperti Pak Susno sangat kuatir sekali. Ada tanggapan Pak ?

(IS) : Aduh … saya sendiri tidak tahu ya. Sebab proses pemeriksaan yang ditangani oleh Tim Independen ini, saya kan tidak tahu arahnya.

(K) : Untuk saat ini, apa yang diharapkan oleh jajaran Bareskrim Polri dalam upaya pengungkapan kasus pengemplangan pajak yang melibatkan Gayus Tambunan ini ?

(IS) : Ya … kami berharap semua pihak mau memberikan keterangan yang seluas-luasnya. Siapapun juga yang memiliki informasi, terutama pihak-pihak yang terkait dan yang dikaitkan … harus bisa dan harus mau memberikan keterangan kepada kami.

(K) : Termasuk Pak Susno Duadji ya ?

(IS) : Oh iya jelas, termasuk dari Pak Susno juga.

(K) : Pak Kaba, terus terang … apakah ada rencana dari Polri untuk menangkap dan menahan Pak Susno Duadji ?

(IS) : Wah .. untuk masalah ini, saya sendiri tidak tahu. Kita lihat saja nanti perkembangannya. Sekali lagi, saya tidak berwenang menentukan hal itu. Sebab yang berwenang menentukan adalah para penyidik yang menangani kasus ini. Jelas ya ?

(K) : Baiklah, terimakasih Pak Kaba.

(MS)

 

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 19,241 other followers